Fenomena eksploitasi anak oleh orang tua sering sekali kita jumpai di sudut2 jalan, lampu merah, atau bahkan di bis kota-bis kota yang kita tumpangi. Sebagian dari mereka ada yang menjadi peminta-minta, pengamen atau bahkan hanya sebagai alat untuk orang tua untuk menimbulkan rasa iba sehingga orang-orang memberikan sebagian rizkinya kepada mereka.

Tetapi hari ini saya melihat fenomena lain, fenomena dari seorang ibu yang begitu bertanggung jawab, tidak memanfaatkan anak-anak untuk media eksploitasi dengan dalih pemenuhan kebutuhan ekonomi. Hari ini sewaktu saya naik bis kota jalur 4 saya melihat seorang ibu-ibu pengamen dengan membawa anaknya, tetapi anak tersebut tidak diajak mengamen, tetapi ternyata anak tersebut hanya sekedar diantarkan ke sekolah oleh ibu tersebut. Sungguh suatu fenomena yang sudah langka di jaman sekarang, ketika banyak sekali telah terjadi eksploitasi anak,ternyata masih ada orang tua yang begitu bertanggung jawab,begitu memperhatikan pendidikan anaknya walaupun dalam kondisi ekonomi yang telah menghimpitnya.

Semoga apa yang dilakukan ibu tersebut berbuah manis di kemudian hari…Dan semoga banyak ibu-ibu lain yang mengikuti jejak ibu ini sehingga eksploitasi anak akan hilang di negeri ini dan anak-anak bisa menikmati masa kecil mereka dengan bahagia…