Zahra…zahra…sekarang dia sudah bisa ngambek, kalau dah ngambek gara-gara keinginannya ditolak langsung muka ditekuk habis itu nangis sekeras-kerasnya,hehehe…

Bagaimana menghadapai anak yang sudah mulai bertingkah semaunya sendiri dan apabila tidak dituruti akan ngambek? Sekaligus bagaimana membuat anak tidak menjadi pribadi yang cengeng, manja, dan tidak percaya diri.

Ada beberapa tip yang saya peroleh dari buku yang mungkin bisa dicoba🙂

1. Jangan suka melarang anak dengan menggunakan kata “jangan”, “tidak boleh”, dan sebagainya.

Ketika kita suka melarang anak dengan kata-kata seperti itu maka nantinya anak akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak percaya diri, mau melakukan ini takut dilarang sama orang tua, melakukan itu takut dilarang sama orang tua, sehingga anak menjadi pribadi yang tidak kreatif. Atau malah dengan suka melarang anak akan membuat anak kita menjadi pribadi yang pembangkang, karena ketika dilarang keingintahuan anak menjadi lebih besar lagi untuk mencoba dan mencoba terus.

kata sebuah buku, seyogyanya ketika kita hendak melarang anak, gunakan hubungan sebab dan akibat, misal : Ketika anak ingin makan coklat di malam hari ketika mau tidur, jelaskan kepada anak kalau makan coklat di malam hari nanti giginya bolong, trus kalau giginya bolong nanti giginya sakit, sehingga dengan seperti itu anak menjadi mengerti kenapa dia tidak boleh makan coklat kalau mau tidur dan sekaligus melatih daya nalar anak.

2. Konsisten terhadap sesuatu yang dilarang.

Ketika kita melarang anak, kita harus konsisten bahwa itu memang tidak boleh jangan sekarang tidak boleh nanti dibolehin, besok tidak boleh dan seterusnya.

3. Keteladanan.

Seperti kata pepatah, buah jatuh tidak jauh dari pohonya. Sikap anak, tingkah laku anak, tidak jauh dari sikap ayah bundanya atau tingkah laku ayah dan bundanya. Orangtua adalah guru terbesar bagi anak maka berilah contoh yang baik kepada anak. Ketika kita melarang anak untuk nonton TV dekat-dekat, jangan sampai kita orangtua menonton TV dekat-dekat, dan contoh-contoh lainnya..

4. Pengalihan perhatian

Ketika anak sudah mulai bertingkah dan meminta macem-macem, coba alihkan ke hal-hal yang positif, jangan dilarang tapi dialihkan, sehingga anak menjadi lupa dan teralihkan ke hal lain yang lebih positif

Mungkin itu sedikit tip yang saya peroleh di buku, kalau ada yang punya tip lain share ya…